VISI DAN MISI DESA TLOGOAGUNG

Written By Unknown on Jumat, 21 Agustus 2015 | 07.24

VISI DAN MISI

Dari sejarah perkembangan serta kondisi masyarakat yang ada sekarang ini dengan didukung potensi dan masalah yang ada di Desa Harapan Jaya, maka harapan dan pengembangan desa kedepan perlu adanya visi dan misi untuk menggapai seluruh capaian yang sudah disepakati dan ditetapkan oleh seluruh masyarakat yang dilakukan secara partisipatif. Adapun visi dan misi Desa Harapan Jaya adalah sebagai berikut:

VISI DESA
    Proses penyusunan RPJM Desa Tlogoagung sebagai pedoman program kerja pemerintah Desa Tlogoagung ini dilakukan oleh lembaga-lembaga tingkat Desa dan seluruh warga masyarakat Desa Tlogoagung maupun para pihak yang berkepentingan. RPJM Desa adalah pedoman program kerja untuk masa lima tahun yang merupakan turunan dari sebuah cita-cita yang ingin dicapai di masa depan oleh segenap warga masyarakat Desa Tlogoagung Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa Tlogoagung merupakan arah kebijakan dari RPJM Desa yang dirumuskan setiap lima tahun sekali. Cita-cita masa depan Desa Tlogoagung  disebut juga sebagai Visi Desa Tlogoagung
Walaupun visi Desa Tlogoagung  secara normatif menjadi tanggung jawab kepala Desa, namun dalam penyusunannya melibatkan segenap warga dan Tokoh Masyarakat  melalui rangkaian panjang diskusi-diskusi formal dan informal. Visi Desa Tlogoagung  semakin mendapatkan bentuknya bersamaan dengan terlaksananya rangkaian kegiatan dan musyawarah yang dilakukan untuk penyusunan RPJM Desa tahun 2015-2020. Dalam momentum inilah visi Desa Tlogoagung  yang merupakan harapan dan doa semakin mendekatkan dengan kenyataan yang ada di Desa dan masyarakat. Kenyataan dimaksud merupakan potensi, permasalahan, maupun hambatan yang ada di Desa dan masyarakatnya, yang ada pada saat ini maupun ke depan.
Bersamaan dengan penetapan RPJM Desa Tlogoagung dirumuskan dan ditetapkan juga Visi Desa Tlogoagung sebagai berikut :

Terwujudnya Desa Tlogoagung  Yang Mandiri berbasis Pertanian, untuk mencapai masyarakat yang Sehat, Cerdas, Rukun, Damai, Makmur, dan Lebih Sejahtera”

Keberadaan Visi ini merupakan cita-cita yang akan dituju di masa mendatang oleh segenap warga Desa Tlogoagung  Dengan visi ini diharapkan akan terwujud masyarakat Desa Tlogoagung  yang maju dalam bidang pertanian sehingga bisa mengantarkan kehidupan yang rukun dan makmur. Di samping itu, diharapkan juga akan terjadi inovasi pembangunan desa di dalam berbagai bidang utamanya pertanian, perkebunan, peternakan, pertukangan, dan kebudayaan yang ditopang oleh nilai-nilai keagamaan.

MISI DESA
Desa yang mandiri berbasis pertanian menggandung pengertian bahwa masyarakat desa tlogoagung mampu mewujutkan kehidupan yang sejajar dan sedrajat dengan desa lain yang lebih maju dengan menggandalkan pada kemampuan dan kekuatan sendiri yang berbasis pada keunggulan lokal dibidang pertanian secara luas. Denagn misi ini diharapkan terwujutnya masyarakat desa tlogoagung yang maju dalam bidang pertanian sehingga bisa menggantarkan kekehidupan yang makmur dan sejahtera.
Adapun yang dimaksud masyarakat yang sehat  adalah masyarakat yang memiliki ketangguhan jiwa dan raga yang sehat dan kuat.
Sedangkan yang dimaksut masyarakat yang cerdas adalah masyarakat yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi ( IPTEK ) seta mampu memanfaatkannya secara cepat dan tepat, guna mengatasi setiap permasalahan pembangunan pada khususnya dan permasalahan kehidupan pada umumnya.
Yang dimaksud masyarakat yang rukun damai dan lebih sejahtera adalah bahwa diupayakan agar tercapai suatu kehidupan yang demokratis, harmonis, saling menghormati, dan lebih mengutamakan rasa kebersamaan serta gotong royong.
Untuk meraih Visi Desa Tlogoagung seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi Desa Tlogoagung  sebagai berikut:
1.      Mewujudkan dan mengembangkan kegiatan keagamaan untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Mewujudkan dan mendorong terjadinya usaha-usaha kerukunan antar dan intern warga masyarakat yang disebabkan karena adanya perbedaan agama, keyakinan, organisasi, dan lainnya dalam suasana saling menghargai dan menghormati.
3.      Membangun dan meningkatkan hasil pertanian dengan jalan penataan pengairan, perbaikan jalan sawah / jalan usaha tani, pemupukan, dan polatanam yang baik.
4.      Menata Pemerintahan Desa Tlogoagung yang kompak dan  bertanggung jawab dalam mengemban amanat masyarakat.
5.      Meningkatkan pelayanan masyarakat secara terpadu dan serius.
6.      Mencari dan menambah debet air untuk mencukupi kebutuhan pertanian.
7.      Menumbuh Kembangkan Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani serta bekerja sama denga HIPPA untuk memfasilitasi kebutuhan Petani.
8.      Menumbuhkembangkan usaha kecil dan menengah.
9.      Bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan didalam Melestarikan Lingkungan Hidup
10.  Membangun dan mendorong majunya bidang pendidikan baik formal maupun informal yang mudah diakses dan dinikmati seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali yang mampu menghasilkan insan intelektual, inovatif dan enterpreneur (wirausahawan).
11.  Membangun dan mendorong usaha-usaha untuk pengembangan dan optimalisasi sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, baik tahap produksi maupun tahap pengolahan hasilnya.

Ditulis Oleh : Unknown ~DwNi27 DESA TLOGOAGUNG

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul VISI DAN MISI DESA TLOGOAGUNG yang ditulis oleh DwNi27 DESA TLOGOAGUNG yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 07.24

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Post

Popular Posts